TAHAPAN PEMECAHAN MASALAH

TAHAPAN PEMECAHAN MASALAH

Assalamualaikum wr. wb.

setiap makhluk hidup di dunia pasti tak pernah luput dari suatu konflik ataupun suatu masalah yang dihadapi dan setiap makhluk memiliki permasalahan yang berbeda, begitupun dengan cara mengatasi dan memecahkan suatu masalah. Pada postingan ini, ada beberapa tahapan dari pemecahan masalah di dalam bidang psikologi:

1. Problem Recognition

pada tahapan ini, sebelum memecahkan suatu masalah, individu harus memahami, mengerti dan mengetahui masalah apa yang sebenarnya dihadapi saat itu. dengan kemampuan ini, individu akan mampu memprediksi masalah yang akan terjadi di masa depan, hingga muncul tindakan preventif.

2. Problem Definition

setelah individu mengenali masalahnya, ia mampu mendefinisikan masalah secara akurat, spesifik dan pasti apa dari masalah yang terjadi. dengan kemampuan ini, individu dapat memahami akar permasalahan hingga ia dapat menentukan masalah mana yang berharga untuk dipecahkan, bukan menghabiskan energi untuk memecahkan masalah sepele.

3. Formulating a Strategy for Problem Solving

setelah didefinisikan, selanjutnya individu dapat menyiapkan dan menentukan strategi apa yang digunakan untuk pemecahan masalah. secara khusus, individu belajar untuk mencari pemecahan masalah untuk jangka panjang, bukan sekedar jangka pendek.

4. Representing Information

individu mencari informasi penting untuk kesuksesan strategi yang dibuatnya. pengumpulan informasi ini dilakukan sebelum ia menerapkan strateginya tersebut. dengan kemampuan ini, individu dapat belajar mengenai bagaimana menggunakan informasi yang ada secara efektif.

5. Allocating Resources and Implementation

individu perlu memutuskan sumber daya apa yang ingin dialokasikannya bagi masalah tersebut. keputusan ini berkaitan dengan banyaknya usaha yang individu berikan dalam satu waktu tertentu. ada pertimbangan risk-reward dan pemilihan sumber daya yang akan memaksimalkan hasil yang akan dicapai.

6. Monitoring dan Evaluasi

monitoring disini maksudnya mengamati perkembangan selama proses pemecahan masalah. evaluasi disini merupakan penilaian individu atas kualitas dari proses pemecahan masalah dan solusinya. dengan kemampuan ini, jika individu terus berlatih untuk monitor dan evaluasi, maka ia akan sendirinya memiliki kemampuan untuk mengoreksi kesalahan yang mereka temukan.

berikut beberapa tahapan dan penjelasan dari setiap tahapannya dalam bidang psikologi.

setiap individu pasti memiliki caranya masing-masing dalam menyelesaikan masalah, yang terpenting seberat apapun masalah yang dihadapi selesaikan hingga benar-benar tuntas dan memiliki pemecahannya untuk jangka panjang.

wassalamualaikum wr. wb.